Sunday 28 June 2009

Sistem Otomatis pada Tubuh Manusia

Tubuh yang diciptakan oleh Allah ini sangat luar biasa. kita tidak sadar bahwa ada sistem yang otomatis di tubuh kita. Mengapa kita bisa bersin? Mengapa kita bisa bersendawa? Mengapa kita bisa cegukan? Mengapa kita bisa keroncongan? Semuanya akan terjawab...

Bersin
Saat kuman, virus, debu, atau benda asing lain masuk ke hidung, maka saluran pernapasan akan mengeluarkan lendir atau menghalangi virus sehingga tubuh terlindung dari penyakit. Paru-paru menyentakkan udara keluar dan membersihkan saluran hidung.
Bersin adalah pertanda tubuh kita masih sehat karena tubuh masih memberikan reaksi ketika kuman masuk ke saluran pernapasan.

Bersendawa
Pernahkah Anda merasakan perut Anda terasa menggelembung, seperti ada udara yang banyak sekali di dalamnya? Secara tidak disadari, kita menelan udara. Penyebabnya antara lain, bisa karena makan dan minum terlalu cepat, atau meneguk minuman bersoda.
Kita juga tidak pernah sadar kalau kita menelan udara banyak sekali. Bersendawa adalah aksi tubuh untuk membuang kelebihan gas di dalam lambung melalui mulut kita.
Makan dan minum terlalu cepat dan minum terlalu cepat dan meneguk minuman bersoda akan membuat jumlah udara di dalam perut berlebih.

Cegukan
Kita semua tahu ada sekat yang bernama diafragma di antara rongga dada dengan perutmu. Nah, cegukan itu terjadi saat diafragma tersebut terkejut. Diafragma bisa terkejut? Ya, apabila kita makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makanan pedas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, serta tertawa atau batuk terlalu keras.
Karena terkejut, sekat rongga dada menjadi kejang dan menutup saluran napas. Walaupun demikian, masih ada udara yang lewat sehingga terdengarlah suara cegukan itu.

Keroncongan
Istilah perut keroncongan ditujukan untuk perut yang berbunyi. Saat lambung tidak terisi makanan, lambung akan dipenuhi gas. Padahal, dengan atau tanpa makanan, lambung kita terus bergerak menggerus. Gerakan menggerus lambung menekan gas dan terdengarlah suara itu.
Sebenarnya, bunyi pada perut dapat terjadi kapan saja. Tetapi, jika terdapat makanan dalam lambung, suara menjadi lebih pelan. Supaya bunyi perut tidak bikin malu, makanlah cemilan dalam jumlah kecil tapi sering, daripada makan dalam ukuran besar tapi jarang. Kurangi juga makanan yang mengandung gas.

Subhanallah!
Sebenarnya masih banyak lagi sistem otomatis yang ada pada tubuh kita seperti jantung, paru-paru, otak, darah, refleksi, dll. Namun, baru membahas empat saja, kita telah takjub. Allah Mahabesar dengan segala ciptaan-Nya.

No comments: